EAS MPPL


Manajemen Proyek Perangkat Lunak

EAS


 


Kelas : E

05111640000140                   Fariz Purta Dandi

Dosen :

Fajar Baskoro, S. Kom. M.T





DEPARTEMEN INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER

1.     Buatlah gambaran sistem aplikasi yang diselesaikan beserta fiturnya
CV. Termitech Rizky Abadi adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pembasmian hama rayap dan menjadi pelopor sistem pipa yang menggunakan sistem jets spray. Dalam menjalankan tugas dan kewenangannya, para staff pegawai melakukan kegiatan pekerjaan tanpa menggunakan bantuan perangkat TI.
Pencatatan pembelian dan penjualan barang di perusahaan ini dilakukan oleh pemilik dan karyawan secara manual dengan menggunakan Microsoft Excel untuk pengolahan laporan keuangan dan Microsoft Word untuk pembuatan kontrak kerja yang akan diberikan kepada pelanggan serta penjadwalan karyawan sehingga rentan terhadap berbagai kesalahan seperti kesulitan dalam mencari data, kehilangan dokumen, pengolahan waktu yang tidak efisien, kesalahan pengetikan, dan kesalahan penjadwalan yang dapat menyebabkan kerugian pada perusahaan. 

Untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan dalam menangani keluhan dan kendala, maka diperlukan sebuah Sistem informasi administrasi  administrasi  berupa aplikasi yang dapat membantu dalam pencatatan dan penjadwalan perusahaan.

Pembuatan Sistem layanan memerlukan rancangan desain dan tata kelola teknis yang baik sehingga Sistem informasi administrasi , pencatatan, dan penjadwalan yang dibuat dapat menyelesaikan masalah yang sedang terjadi. Sistem informasi administrasi  yang akan dibuat membutuhkan suatu manajemen proyek sehingga tata kelola proses pembuatan Sistem informasi administrasi , pencatatan, dan penjadwalan lebih terstruktur dan dapat berjalan dengan baik.
  
Masalah utama yang sedang dihadapi oleh ) CV. Termitech Rizky Abadi meliputi:

a.   masih belum mempunyai tools yang secara khusus dapat mengatur manajemen proyek di perusahaan, sehingga susah untuk melihat biaya dan pendapatan perusahaan
b.   kesulitan untuk mencari jadwal pengerjaan proyek dan melihat proyek apa yang saat ini sedang dikerjakan
c.   Pencatatan pembelian dan penjualan barang di perusahaan ini dilakukan oleh pemilik dan karyawan secara manual dengan menggunakan Microsoft Excel untuk pengolahan laporan keuangan dan Microsoft Word 


Solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan gangguan dan kendala perangkat Teknologi Informasi administrasi  (TI) CV. Termitech Rizky Abadi, meliputi:
a.     Aplikasi yang dapat mengatur seluruh kegiatan yang ada pada perusahaan secara otomatis
b.     Fitur penghitungan biaya atau pendapatan yang dapat dikategorikan sesuai keinginan pengguna
c.     Aplikasi yang dapat menampilkan jadwal kegiatan yang ada paa waktu tertentu
d.     Aplikasi yang dapat mencatat segala macam pemasukan dan pengeluaran, serta pembelian dan penjualan barang yang terjadi pada perusahaan.
e.     Fitur login logout untuk orang yang disetujui dan admin.




2.     Sebutkan dan jelaskan Siklus hidup Manajemen Proyek

1.     Tahap Inisiasi

Tahap inisiasi proyek merupakan tahap awal kegiatan proyek sejak sebuah proyek disepakati untuk dikerjakan. Pada tahap ini, permasalahan yang ingin diselesaikan akan diidentifikasi. Beberapa pilihan solusi untuk menyelesaikan permasalahan juga didefinisikan. Sebuah studi kelayakan dapat dilakukan untuk memilih sebuah solusi yang memiliki kemungkinan terbesar untuk direkomendasikan sebagai solusi terbaik dalam menyelesaikan permasalahan. Ketika sebuah solusi telah ditetapkan, maka seorang manajer proyek akan ditunjuk sehingga tim proyek dapat dibentuk.  

2.     Tahap Perencanaan dan Desain
Ketika ruang lingkup proyek telah ditetapkan dan tim proyek terbentuk, maka aktivitas proyek mulai memasuki tahap perencanaan. Pada tahap ini, dokumen perencanaan akan disusun secara terperinci sebagai panduan bagi tim proyek selama kegiatan proyek berlangsung. Adapun aktivitas yang akan dilakukan pada tahap ini adalah membuat dokumentasi project plan, resource plan, financial plan, risk plan, acceptance plan, communication plan, procurement plan, contract supplier dan perform phare review.

3.     Tahap Eksekusi
Dengan definisi proyek yang jelas dan terperinci, maka aktivitas proyek siap untuk memasuki tahap eksekusi atau pelaksanaan proyek. Pada tahap ini, deliverables atau tujuan proyek secara fisik akan dibangun. Seluruh aktivitas yang terdapat dalam dokumentasi project plan akan dieksekusi.  

4.     Tahap Pemantauan Sistem Pengendalian
Sementara kegiatan pengembangan berlangsung, beberapa proses manajemen perlu dilakukan guna memantau dan mengontrol penyelesaian deliverables sebagai hasil akhir proyek. 

5.     Tahap Penutupan 
Tahap ini merupakan akhir dari aktivitas proyek. Pada tahap ini, hasil akhir proyek (deliverables project) beserta dokumentasinya diserahkan kepada pelanggan, kontak dengan supplier diakhiri, tim proyek dibubarkan dan memberikan laporan kepada semua stakeholder yang menyatakan bahwa kegiatan proyek telah selesai dilaksanakan. Langkah akhir yang perlu dilakukan pada tahap ini yaitu melakukan post implementation review untuk mengetahui tingkat keberhasilan proyek dan mencatat setiap pelajaran yang diperoleh selama kegiatan proyek berlangsung sebagai pelajaran untuk proyek-proyek dimasa yang akan datang.  



3.      Apa fungsi manajemen proyek di dalam pengembangan aplikasi. Sebutkan


1.     Kontrol yang lebih baik di bidang keuangan, fisik, dan sdm
Dengan adanya kontrol yang baik dalam bidang keuangan, fisik, dan sdm membuat suatu organisasi menjadi lebih teratur dan bisa mendapat keuntungan yang lebih baik bagi organisasi tersebut serta manajemen proyek yang lebih terarah pada tujuannya.


2.     Meningkatnya relasi dengan customer
Meningkatnya relasi dengan customer juga memberikan keuntungan bagi suatu organisasi. Dengan meningkatnya relasi dengan customer maka meningkat pula rasa kepercayaan customer dengan organisasi tersebut.

3.     Waktu pembangunan yang lebih singkat
Dengan waktu pembangunan yang cepat memberikan keuntungan bagi organisasi.

4.     Biaya yang lebih rendah
Dengan biaya yang lebih rendah maka suatu organisasi tidak membutuhkan biaya yang banyak.
5.     Kualitas lebih tinggi & meningkatnya reliabilitas.
Alur sistem yang dapat dilihat lebih jelas
6.     Keuntungan yang lebih besar.
Tidak ada kesalahan pada proses penjadwalan seperti benturan waktu
7.     Meningkatnya produktivitas.
Mempersingkat proses penyimpanan data dan pencatatan yang terstruktur secara terpusat
8.     Koordinasi yang lebih baik.
Sumber informasi yang dipusatkan didapatkan dari sistem saja
9.     Moral pekerja lebih baik.

4.      Buatlah WBS untuk menyelesaikan proyek tersebut dan susunlah jadwal yang diperlukan jika jangka waktu yang disediakan 3 bulan




5. Buatlah anggaran biaya proyek dan sistem pengontrolannya dengan Kurva S jika disediakan dana Rp. 300.000.000,-

Comments