Manajemen Proyek Perangkat Lunak
EAS
Kelas : E
05111640000140 Fariz Purta Dandi
Dosen :
Fajar Baskoro, S. Kom. M.T
DEPARTEMEN
INFORMATIKA
FAKULTAS
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
INSTITUT
TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
1.
Buatlah gambaran sistem aplikasi yang
diselesaikan beserta fiturnya
CV.
Termitech Rizky Abadi adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa
pembasmian hama rayap dan menjadi pelopor sistem pipa yang menggunakan sistem
jets spray. Dalam
menjalankan tugas dan kewenangannya, para staff pegawai melakukan kegiatan
pekerjaan tanpa menggunakan bantuan perangkat TI.
Pencatatan pembelian dan penjualan barang di perusahaan ini dilakukan oleh pemilik dan karyawan secara manual dengan menggunakan Microsoft Excel untuk pengolahan laporan keuangan dan Microsoft Word untuk pembuatan kontrak kerja yang akan diberikan kepada pelanggan serta penjadwalan karyawan sehingga rentan terhadap berbagai kesalahan seperti kesulitan dalam mencari data, kehilangan dokumen, pengolahan waktu yang tidak efisien, kesalahan pengetikan, dan kesalahan penjadwalan yang dapat menyebabkan kerugian pada perusahaan.
Pencatatan pembelian dan penjualan barang di perusahaan ini dilakukan oleh pemilik dan karyawan secara manual dengan menggunakan Microsoft Excel untuk pengolahan laporan keuangan dan Microsoft Word untuk pembuatan kontrak kerja yang akan diberikan kepada pelanggan serta penjadwalan karyawan sehingga rentan terhadap berbagai kesalahan seperti kesulitan dalam mencari data, kehilangan dokumen, pengolahan waktu yang tidak efisien, kesalahan pengetikan, dan kesalahan penjadwalan yang dapat menyebabkan kerugian pada perusahaan.
Untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan dalam
menangani keluhan dan kendala, maka diperlukan sebuah Sistem informasi
administrasi administrasi berupa aplikasi yang dapat
membantu dalam pencatatan dan penjadwalan perusahaan.
Pembuatan Sistem layanan memerlukan rancangan
desain dan tata kelola teknis yang baik sehingga Sistem informasi administrasi ,
pencatatan, dan penjadwalan yang dibuat dapat menyelesaikan masalah yang sedang
terjadi. Sistem informasi administrasi yang
akan dibuat membutuhkan suatu manajemen proyek sehingga tata kelola proses
pembuatan Sistem informasi administrasi , pencatatan, dan penjadwalan lebih
terstruktur dan dapat berjalan dengan baik.
Masalah utama yang sedang dihadapi oleh ) CV. Termitech Rizky Abadi meliputi:
a.
masih
belum mempunyai tools yang secara khusus dapat mengatur manajemen proyek di
perusahaan, sehingga susah untuk melihat biaya dan pendapatan perusahaan
b.
kesulitan
untuk mencari jadwal pengerjaan proyek dan melihat proyek apa yang saat ini
sedang dikerjakan
c.
Pencatatan
pembelian dan penjualan barang di perusahaan ini dilakukan oleh pemilik dan
karyawan secara manual dengan menggunakan Microsoft Excel untuk pengolahan
laporan keuangan dan Microsoft Word
Solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan gangguan
dan kendala perangkat Teknologi Informasi administrasi (TI) CV.
Termitech Rizky Abadi, meliputi:
a.
Aplikasi yang dapat mengatur seluruh kegiatan yang
ada pada perusahaan secara otomatis
b.
Fitur penghitungan biaya atau pendapatan yang dapat
dikategorikan sesuai keinginan pengguna
c.
Aplikasi yang dapat menampilkan jadwal kegiatan
yang ada paa waktu tertentu
d.
Aplikasi yang dapat mencatat segala macam pemasukan
dan pengeluaran, serta pembelian dan penjualan barang yang terjadi pada
perusahaan.
e.
Fitur login logout untuk orang yang disetujui dan admin.
2.
Sebutkan dan jelaskan Siklus hidup
Manajemen Proyek
1.
Tahap Inisiasi
Tahap
inisiasi proyek merupakan tahap awal kegiatan proyek sejak sebuah proyek
disepakati untuk dikerjakan. Pada tahap ini, permasalahan yang ingin diselesaikan
akan diidentifikasi. Beberapa pilihan solusi untuk menyelesaikan permasalahan
juga didefinisikan. Sebuah studi kelayakan dapat dilakukan untuk memilih sebuah
solusi yang memiliki kemungkinan terbesar untuk direkomendasikan sebagai solusi
terbaik dalam menyelesaikan permasalahan. Ketika sebuah solusi telah
ditetapkan, maka seorang manajer proyek akan ditunjuk sehingga tim proyek dapat
dibentuk.
2.
Tahap Perencanaan dan Desain
Ketika
ruang lingkup proyek telah ditetapkan dan tim proyek terbentuk, maka aktivitas
proyek mulai memasuki tahap perencanaan. Pada tahap ini, dokumen perencanaan
akan disusun secara terperinci sebagai panduan bagi tim proyek selama kegiatan
proyek berlangsung. Adapun aktivitas yang akan dilakukan pada tahap ini adalah
membuat dokumentasi project plan, resource plan, financial plan, risk plan,
acceptance plan, communication plan, procurement plan, contract supplier dan
perform phare review.
3.
Tahap Eksekusi
Dengan
definisi proyek yang jelas dan terperinci, maka aktivitas proyek siap untuk
memasuki tahap eksekusi atau pelaksanaan proyek. Pada tahap ini, deliverables
atau tujuan proyek secara fisik akan dibangun. Seluruh aktivitas yang terdapat
dalam dokumentasi project plan akan dieksekusi.
4.
Tahap Pemantauan Sistem Pengendalian
Sementara
kegiatan pengembangan berlangsung, beberapa proses manajemen perlu dilakukan
guna memantau dan mengontrol penyelesaian deliverables sebagai hasil akhir
proyek.
5.
Tahap Penutupan
Tahap ini
merupakan akhir dari aktivitas proyek. Pada tahap ini, hasil akhir proyek
(deliverables project) beserta dokumentasinya diserahkan kepada pelanggan,
kontak dengan supplier diakhiri, tim proyek dibubarkan dan memberikan laporan
kepada semua stakeholder yang menyatakan bahwa kegiatan proyek telah selesai
dilaksanakan. Langkah akhir yang perlu dilakukan pada tahap ini yaitu melakukan
post implementation review untuk mengetahui tingkat keberhasilan proyek dan
mencatat setiap pelajaran yang diperoleh selama kegiatan proyek berlangsung
sebagai pelajaran untuk proyek-proyek dimasa yang akan datang.
3.
Apa fungsi manajemen proyek di dalam pengembangan
aplikasi. Sebutkan
1.
Kontrol yang lebih baik di bidang keuangan, fisik,
dan sdm
Dengan
adanya kontrol yang baik dalam bidang keuangan, fisik, dan sdm membuat suatu
organisasi menjadi lebih teratur dan bisa mendapat keuntungan yang lebih baik
bagi organisasi tersebut serta manajemen proyek yang lebih terarah pada
tujuannya.
2.
Meningkatnya relasi dengan customer
Meningkatnya
relasi dengan customer juga memberikan keuntungan bagi suatu organisasi. Dengan
meningkatnya relasi dengan customer maka meningkat pula rasa kepercayaan
customer dengan organisasi tersebut.
3.
Waktu pembangunan yang lebih singkat
Dengan
waktu pembangunan yang cepat memberikan keuntungan bagi organisasi.
4.
Biaya yang lebih rendah
Dengan
biaya yang lebih rendah maka suatu organisasi tidak membutuhkan biaya yang
banyak.
5.
Kualitas lebih tinggi & meningkatnya reliabilitas.
Alur sistem yang dapat dilihat lebih jelas
6.
Keuntungan yang lebih besar.
Tidak ada
kesalahan pada proses penjadwalan seperti benturan waktu
7.
Meningkatnya produktivitas.
Mempersingkat
proses penyimpanan data dan pencatatan yang terstruktur secara terpusat
8.
Koordinasi yang lebih baik.
Sumber informasi
yang dipusatkan didapatkan dari sistem saja
9.
Moral pekerja lebih baik.
4.
Buatlah WBS untuk menyelesaikan proyek tersebut dan susunlah jadwal yang diperlukan jika jangka waktu yang disediakan 3 bulan


5. Buatlah anggaran biaya proyek dan sistem pengontrolannya dengan Kurva S jika disediakan dana Rp. 300.000.000,-
Comments
Post a Comment