mppl- tugas 1, reupload



1.1      Latar Belakang
rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Demi kemanan, selalu dibutuhkan akses untuk keluar masuk rumah yaitu pintu dimana peran kunci juga dibutuhkan demi keamanan rumah. Tapi sayangnya kunci harus dibawa setiap hari oleh pemilik rumah tersebut. Terkadang juga terdapat kondisi dimana pemilik rumah lupa meletakan atau kehilangan kunci. Dan juga saat kita sedang pergi atau diluar rumah, kita juga bingung apakah rumah sudah dalam keadaan terkunci atau belum. oleh karena itu pada kasus kali ini, peneliti akan membuat suatu perangkat yang memungkinkan pengguna dapat membuka atau menutup kunci pintu rumah menggunakan teknologi arduino esp8266 dan aplikasi chating yaitu Line dimana buka tutup atau check status kunci apakah sedang terbuka atau tertutup, lebih tepatnya peneliti akan menggunakan fitur Line-bot untuk penerapan sistem publishing data kepada ESP8266. 

Keamanan (security) adalah suatu kondisi dimana manusia atau benda merasa terhindari  dari  bahaya  yang  mengancam  atau  menggangu,  selanjutnya  akan menimbulkan  perasaan  tenang  dan  nyaman.  Keamanan  dapat  diperoleh  melalui beberapa  cara,  salah  satunya  dengan  menggunakan  dan  menerapkan  teknologi. Penerapan teknologi keamanan sekarang ini telah berkembang sangat pesat, mulai dari metode konvensional  sampai berteknologi  tinggi

            Modul ESP8266 merupakan platform yang sangat murah tetapi benar-benar efektif untuk digunakan berkomunikasi atau kontrol melalui internet baik digunakan secara standalone (berdiri sendiri) maupun dengan menggunakan mikrokontroler tambahan dalam hal ini Arduino sebagai pengendalinya. ESP8266 sendiri juga memiliki modul wifi yang memungkinkan penggunaan wifi pada program didalamnya. pada kasus kali ini ESP8266 bekerja sebagai penerima/subscriber data dan pengontrol servo arduino untuk membuka kunci dan Line sebagai publisher yang memberikan perintah kepada ESP8266

Rumusan Masalah
·       Bagaimana cara mempermudah sistem membuka dan menutup pintu rumah menggunakan teknologi microcontroller IOT arduino ESP8266 menggunakan smartphone.

Tujuan Aplikasi
·       Menurunkan tingkat kesulitan pembawaan kunci dan mempermudah sistem akses keluar masuk rumah menggunakan smartphone.
·       Melakukan checking apakah pintu rumah sudah dikunci atau belum.


Deskripsi
sistem keamanan buka tutup pintu rumah ini merupakan perangkat berbasis IOT yang memungkinkan untuk mengetahui kondisi apakah pintu rumah sudah dikunci atau belum. Pengecekan dilakukan oleh aplikasi chatting yaitu Line (Line-bot) sebagai publisher dan arduino ESP8266 sebagai penerima data/subscriber yang berguna untuk mengontrol dan memonitoring kondisi kunci. Proses interaksi antara Line dengan ESP8266 dihubungkan oleh MQTT_Broker. Akses internet selalu dibutuhkan dalam hal ini demi mendapatkan real time data.




Comments